Apabila Anda ingin berbelanja di SIPLah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka website SIPLah dengan mengklik alamat berikut https://siplah.kemdikbud.go.id/

Halaman_Beranda_SIPLah.png

2. Tentukan barang atau jasa yang ingin Anda pesan.

3. Lakukan pencarian barang/jasa dengan 2 cara berikut:  

  •  Melalui Fitur Pencarian di Beranda 
    Dengan menggunakan Fitur Pencarian Anda dapat mencari barang/jasa berdasarkan lokasi, harga, atau kategori barang. Fitur Pencarian ini juga dapat membantu Anda dalam mencari barang/jasa dengan harga terbaik. 
    Group_4.png
  • Melalui Fitur Pencarian pada Halaman Satuan Pendidikan 
    Klik satuan pendidikan atau SIPLah untuk Satuan Pendidikan, kemudian geser ke bawah hingga menemukan kolom untuk mencari barang dan jasa seperti gambar di bawah ini. 

Halaman_Beranda_SIPLah__1_.png
image_14.png
Selengkapnya tentang Fitur Pencarian klik di sini. 

4. Lakukan Login pada halaman PPMSE SIPLah dengan menggunakan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk mulai berbelanja. Selengkapnya tentang cara Login klik di sini.

Login.png

5. Pilih barang yang ingin Anda beli berdasarkan: 

  • Kategori Barang
    Satuan Pendidikan dapat memilih barang berdasarkan kategori barang ataupun nama barang.
  • Lokasi Calon Penyedia
    Satuan Pendidikan dapat memilih barang berdasarkan kategori barang ataupun nama barang.

6. Tambahkan jumlah barang yang akan dipesan pada kolom yang tersedia dengan cara mengklik tanda “+” atau langsung menuliskan angka yang diinginkan.

7. Klik “beli sekarang” atau “tambah ke keranjang”. Untuk melihat barang yang akan dibeli Anda dapat melihat pada menu keranjang. 

8. Lakukan negosiasi dengan penyedia sesuai regulasi yang berlaku pada SIPLah. Sebelum melakukan negosiasi Anda dapat melakukan perbandingan terlebih dahulu dengan klik “Buat Perbandingan” kemudian “Pilih Penyedia”, lalu klik “Penawaran”. Untuk regulasi dan informasi lengkap tentang Fitur Negosiasi klik di sini

9. Anda akan mendapatkan Surat Pemesanan (Purchase Order) saat telah menetapkan Penyedia. Surat Pemesanan tersebut merupakan Surat Perintah Kerja antara Satuan Pendidikan sebagai pelaksana PBJ dan Penyedia.

10. Jika ada kesalahan dalam pemesanan Anda, maka Anda masih dapat melakukan pembatalan Surat Pemesanan jika; 

  • Transaksi yang sudah dikonfirmasi/diproses namun belum dikirim,
  • Transaksi yang sudah tercetak BAST.

     Informasi lengkap tentang cara pembatalan Surat Pemesanan klik di sini.  

11. Tunggu pesanan barang/jasa sampai. Jika barang/jasa yang dipesan sudah diterima maka Anda dapat klik “Terima Pesanan.”

12. Periksa barang/jasa yang telah diterima. Jika barang/jasa telah sesuai maka Anda dapat melakukan konfirmasi penerimaan barang dan jasa dengan serah terima barang yang tertuang dalam bentuk dokumen Berita Acara Serah Terima (BAST) barang.  Informasi lengkap tentang proses BAST klik di sini.

13. Setelah proses BAST, Anda akan mendapatkan bukti penagihan atas barang/jasa yang telah diterima dengan baik atau Proforma Invoice.

14. Pilih metode pembayaran yang akan dilakukan dan lakukan pembayaran.

15. Konfirmasi pembayaran Anda dengan cara unggah bukti pembayaran pada website PPMSE SIPLah lalu klik “Konfirmasi Pembayaran.”

16. Setelah pembayaran Anda telah diverifikasi oleh PPMSE maka Anda akan mendapatkan Invoice dan proses belanja Anda telah selesai. 



Sebelumnya
Selanjutnya
12956228247577

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.