Saat ini sistem pada SIPLah telah memiliki fitur pembatalan otomatis. Ini merupakan fitur notifikasi untuk memberikan pesan kepada Satuan Pendidikan dan Penyedia mengenai pembatalan transaksi yang tidak diproses. Jika transaksi tidak diproses dalam waktu maksimal 5 hari kalender dari pesanan dibuat  maka transaksi akan dibatalkan dengan otomatis pada pukul 00.00 WIB. Pembatalan otomatis ini mengakibatkan penutupan transaksi.

 

Satuan Pendidikan, Penyedia, dan Pengawas tetap dapat melihat kembali detail pesanan yang telah ditutup otomatis. Namun, tidak dapat melakukan perubahan kembali terhadap transaksi yang sudah ditutup tersebut. Satuan Pendidikan dan Penyedia dapat membuat transaksi baru dengan detail yang sama dengan transaksi sebelumnya. 

 

Pemberitahuan pembatalan otomatis dapat dilihat pada fitur notifikasi pada SIPLah yang berbentuk ikon lonceng. Satuan Pendidikan akan menemukan ikon ini pada tampilan utama setelah login pada SIPLah.

Icon_notifikasi.png

Satuan Pendidikan dan Penyedia akan mendapatkan notifikasi terkait pembatalan otomatis berupa pesan sebagai berikut:

Notifikasi Pemberitahuan untuk Satuan Pendidikan 

1. Jika setelah hari ketiga (H+3) transaksi tidak diproses maka Satuan Pendidikan akan mendapatkan notifikasi berupa pesan tentang pembatalan otomatis. 

Notifikasi_Satdik_H3_.png

H+3

Pesanan yang anda buat pada [tanggal transaksi] belum dikonfirmasi oleh [nama toko]. Transaksi akan dibatalkan apabila [nama toko] belum melakukan konfirmasi pada [tanggal pembatalan].

2. Jika setelah hari kelima (H+5) transaksi tidak diproses maka Satuan Pendidikan akan mendapatkan notifikasi berupa pesan pembatalan otomatis dan informasi untuk kembali melakukan pemesanan barang.

Notif_Satdik_H5.png

H+5

“Pesanan anda di [nama toko] yang dibuat [tanggal transaksi] telah dibatalkan karena [nama toko] telah melewati batas tanggal konfirmasi. Segera pesan lagi untuk mendapatkan barang kebutuhan satdik anda.

 

Notifikasi untuk Tindak Lanjut dari Penyedia

1. Jika setelah hari ketiga (H+3) transaksi tidak diproses maka Penyedia akan mendapatkan notifikasi berupa pesan untuk melakukan konfirmasi  sebelum pembatalan otomatis.

Notif_Penyedia_H3.png

H+3

“Segera konfirmasi pesanan dari [nama Satdik] yang dibuat pada [tanggal pemesanan]. Pesanan akan dibatalkan secara otomatis pada [tanggal pembatalan] apabila belum anda konfirmasi.”

2. Jika setelah hari kelima (H+5) transaksi tidak diproses maka Penyedia akan mendapatkan notifikasi berupa pesan bahwa transaksi akan dibatalkan otomatis. 

Notif_Penyedia_H5.png

H+5

“Pesanan anda dari [nama Satdik] yang dibuat [tanggal transaksi] telah dibatalkan oleh sistem karena anda tidak melakukan konfirmasi.”

 

Untuk transaksi yang belum terselesaikan namun ingin dilakukan penutupan sebelum 30 November 2022, maka akan mengikuti ketentuan penyelesaian transaksi sebelum 30 November 2022. Informasi ketentuan lengkap dapat dilihat di sini.

 

Tanya-Jawab

Bagaimana cara Penyedia dan Satdik mengetahui kalau pesanannya sudah dibatalkan secara otomatis? 
Penyedia akan menerima notifikasi untuk tindak lanjut dari sistem, setelah 3 hari dari pesanan terbuat apabila belum mengkonfirmasi pesanan, dan akan menerima notifikasi pembatalan transaksi setelah hari ke 5 dari waktu satdik membuat pesanan.

Jika setelah hari ke tiga pesanan yang dibuat oleh Satdik belum dikonfirmasi oleh Penyedia, Satdik akan menerima notifikasi pemberitahuan adanya kemungkinan pesanan dibatalkan, dan akan menerima notifikasi pembatalan transaksi setelah hari ke lima Satdik membuat pesanan.

 

Sebelumnya
Selanjutnya
11012916120089

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.